Selasa, 27 Desember 2011

BAB II ( Kepadatan Penduduk di Indonesia )

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

penduduk adalah orang-orang yang berada di dalam suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan atau norma yang berlaku, penduduk juga dapat diartikan sebagi orang-orang yang sering berinteraksi satu sama lain secara terus menerus.



Kepadatan Penduduk di Indonesia

kepadatan yang terjadi di Indonesia, di karenakan adanya faktor kelahiran dan faktor penikahan di usia muda. Kepadatan penduduk di Indonesia mencapai jutaan jiwa, kepadatan penduduk terjadi di Indonesia tidak seimbang dengan yang akan mereka jalani. Banyak negara-negara kecil yang jumlah penduduknya lebih besar dibandingkan dengan lapangan pekerjaannya, sehingga akibatnya banyak negara yang penduduknya mengalami kemiskinan.

Masalah sosial ini yang menyebabkan permasalahan bagi Negara. Setiap bulannya jutaan Ibu melahirkan, jutaan orang datang dan pergi dari suatu tempat ke tempat lain. Untuk mengatasi masalah sosial tersebut pemerintah mengadakan program KB (Keluarga Berencana) dua anak cukup.



Pengaruh Kebudayaan Asing terhadap Masyarakat

kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan Asing mulai masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan , pengaruh kebudayaan asing berdampak pada arus globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, dan sosial budaya.
Budaya asing masuk ke Indonesia juga membawa dampak yang sangat besar dalam kehidupan generasi muda saat ini, karena tidak semua budaya asing membawa dampak positif bagi masyarakat dan generasi muda. Untuk itu kita sebagai masyarakat Indonesia dan para generasi muda harus dapat memilah-milah budaya asing yang masuk ke Indonesia. 

kebudayaan asing yang masuk ke Indonesia sangat berpengaruh juga pada perkembangan masyarakat sekitar. karena semakin banyak pengaruh budaya asing seperti cara berpakaian orang-orang asing berdampak pada cara berpakaian orang Indonesia yang seharusnya dilarang seperti itu. Selain itu kebudayaan Indonesia pun mereka lupakan karena sudah ketinggalan zaman. Untuk itu perlu evaluasi dari masyarakat dalam mengikuti perkembangan globalisasi baik budaya maupun sosial.


Selain itu masyarakat Indonesia juga harus mampu menyikapi pengaruh kebudayaan asing yang masuk, dengan menanggulanginya, agar jati diri kita sebagai masyarakat Indonesia tidak rusak akibat kebudayaan asing tersebut.

Banyaknya tindak kejahatan yang terjadi saat ini juga tidak lepas dari budaya asing yang masuk ke Indonesia. Tindak kriminal, narkoba, tawuran, pemerkosaan, pergaulan bebas yang terjadi karena masyarakat mudah meniru kebudayaan asing tersebut, menurut mereka hal ini sudah tidak tabu lagi untuk di ikuti .

Dari masalah ini semua yang mendasarinya adalah adanya arus globalisasi yang tidak dapat di bendung lagi.

2 komentar: