Minggu, 04 November 2012

Komunikasi Dalam Organisasi III ( Respon atau Tanggapan Oleh Pihak Komunikan)



                  Respon atau tanggapan yang diberikan oleh pihak komunikan dibedakan menjadi 6 macam, yaitu: 

a) Respon langsung, ialah respon yang diberikan langsung oleh pihak komunikan tidak memerlukan
    jangka waktu yang relatif lama.

b) Respon tidak langsung, ialah respon yang memerlukan jangka waktu. Dalam hal ini respon yang
    diberikan oleh pihak komu­nikan tertunda beberapa saat.

c) Respon yang kurang dimengerti, ialah respon yang tidak dapat dimengerti oleh pihak komunikator.

d) Respon yang dapat dimengerti, ialah respon yang diberikan oleh pihak komunikan dapat
    dimengerti oleh pihak komunikator sehingga antara pihak komunikator dengan pihak komunikan 
    terdapat saling pengertian.

e)  Respon yang bersifat netral, ialah respon pihak komunikan yang tidak memberikan dukungan
     ataupun menentangnya.

f)  Respon yang bersifat negatif, ialah respon yang diberikan oleh pihak komunikan tidak
    memberikan dukungan kepada pihak komunikator.

Agar komunikan dapat memberikan respon seperti yang diharapkan oleh komunikator, komunikator dan komunikan harus mempunyai penga­laman yang sama (common experience).

Umpan balik atau feedback akan selalu berhubungan dengan setiap tahap proses komunikasi. Dengan demikian pola atau model proses komu­nikasi dapat digambarkan seperti Gambar 6.1.




Gambar 6.1: Model proses komunikasi




Pembahasan selanjutnya silahkan klik di sini

Sumber : Wursanto, Dasar 3 Ilmu Organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar