Rabu, 28 Desember 2011

BAB IV ( Pemuda sosialisasi dan permasalahannya )


Pemuda sosialisasi


Pemuda adalah generasi penerus dari generasi terdahulu. Generasi penerus ini harus bisa jadi yang terbaik ke depan nanti. Proses kehidupan yang mulai di alami oleh para pemuda Indonesia biasa di lakukan di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.

Sementara sosialisai bisa diartikan sebagai proses seumur hidup yang mempelajari kebiasaan hidup, nilai dan norma sosial yang terdapat dalam masyarakat.
Jadi pemuda sosialisasi dapat diartikan sebagai generasi penerus yang melalui proses interaksi untuk menemukan jati dirinya sendiri dengan orang lain di sekitarnya.

Dalam melakukan proses sosialisasi tersebut para pemuda membutuhkan adanya bimbingan belajar terhadap masalah yang akan mereka hadapi di luar nanti, baik itu masalah dalam keluarga maupun masalah sosial dalam masyarakat serta mampu menyikapi masalah tersebut.

Para pemuda saat ini banyak mengalami masalah, sebagai contoh adalah masalah dalam pergaulan di dunia luar . Banyak pemuda yang akhirnya harus merasakan masa hidupnya di dalam penjara akibat pergaulan bebas yang salah, memakai narkoba, dan mencuri untuk kebutuhan makan mereka.

Biasanya perilaku ini terjadi akibat kurangnya perhatian dari keluarga dan sosialisasi antar keluarga yang kurang terhadap pemuda saat ini. Mereka mencuri karena kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap kehidupan mereka.

Seharusnya pemerintah tidak usah lagi membuat gedung-gedung mewah yang tidak terlalu berguna, karena kehidupan masyarakat kecil lebihkah penting.

Pembelajaran yang positif pun berguna untuk mengarahkan mereka tentang bahaya bersosialisasi yang buruk di luar. Pembelajaran ini dapat di berikan melalui sekolah ataupun tempat mereka les.

Pemuda dan permasalahannya

Pemuda tidak lepas dari masalah yang di hadapinya di luar lingkungannya, banyak masalah negative yang selalu mendatangi mereka. Apabila tidak adanya pengawasan dari orang tua pemuda-pemuda tersebut bisa saja terjerumus kedalam permasalahan tersebut.
Salah satu contoh yang saya ambil adalah Narkoba, narkoba adalah suatu obat-obatan yang mengandung bahan psikotropika dan bahan-bahan berbahaya lainnya. Saat ini narkoba sudah banyak beredar luas dikalangan pemuda remaja bahkan anak sekolah SD pun sudah banyak yang menggunakannya.
Mereka menggunakan obat-obatan tersebut mungkin karena penasaran hingga akhirnya menimbulkan rasa ketagihan. Akibat masalah tersebut tidak sedikitnya para pemuda kita tertangkap memakai narkoba dan tertangkap mengedarkannya. Selain narkoba mereka pun mulai terjerumus pada pergaulan bebas anak kota. Pergaulan bebas muncul akibat kurangnya perhatian dari orang tua terhadap anaknya, sehingga mereka kerap kali bosan berada dirumah. Pergaulan bebas yang terjadi pada kalangan pemuda sudah banyak dampaknya, contohnya ada yang hamil diluar nikah, terserang HIV dan masih banyak masalah yang ditimbulkan akibat pergaulan bebas tersebut.

Selain masalah diluar lingkungan ada pula masalah yang terjadi di dalam rumah yaitu seperti brokenhome. Brokenhome timbul akibat kurangnya perhatian atau kasih sayang yang mengakibatkan mereka tertekan , belum lagi percekcokan antara mamah dan papah akibat masalah pekerjaan, kurangnya kebersamaan dalam keluarga. Hal tersebut mempengaruhi hubungan keluarga dengan anak sehingga muncul lah kasus perceraian yang melibatkan seorang anak untuk memilih.

Masalah – masalah yang di hadapi para pemuda di Indonesia tersebut adalah masalah sebagian kecil yang kerap kali terjadi tiap tahunnya. Dan mungkin pengawasan dari keluarga dan perhatian dari keluarga sangat diperlukan untuk proses sosialisasi mereka di dunia luar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar