Sabtu, 31 Maret 2012

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN


KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN


Pendekatan kesusastraan pada masyarakat Indonesia.

Indonesia adalah Negara republic yang memiliki beragam suku dan bahasa, budaya yang lahir turun temurun membuat masyarakat Indonesia mengenal kebudayaan daerahnya masing-masing. Kebudayaan yang memiliki nilai social dan norma social juga nilai religious ini membuat adanya keterkaitan dengan kesusastraan atau seni. Misalnya kita ambil contoh kebudayaan Bali yang terkenal dengan Tari Kecaknya, tarian tersebut dalam seni memiliki nilai keindahan dan nilai social serta religious.
Seni adalah sebuah ekspresi yang lahir dari diri seseorang yang sifatnya tidak normative atau lebih mudah berkomunikasi. Nilai-nilai dalam seni disampaikan secara fleksibel baik itu isinya maupun bagaimana cara penyampaiannya, nilai-nilai dalam seni juga memilki keindahan (estetika) yang membuat sesuatu ekspresi tersebut menjadi benilai harganya dan nilai etika.

Hampir disetiap jaman, sastra mempunyai peranan yang lebih penting. Alasan pertama adalah karena sastra menggunakan bahasa. Sementara itu, bahasa dapat menampung hampir semua pernyataan kegiatan manusia. Dalam usahanya memahami dirinya sendiri, yang kemudian melahirkan filsafat.
Manusia dan bahasa pada hakekatnya adalah satu. Kenyataan inilah yang mempermudahkan sastra untuk berkomunikasi. Sastra juga lebih mudah berkomunikasi, karena pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Sastra juga didukung oleh cerita. Dengan cerita orang lebih mudah tertarik, dan dengan cerita orang lebih mudah mengungkapkan gagasannya dalam bentuk yang tidak normatif.
Contoh kesusastraan yang mengkaitkan IBD, yaitu :
1.      Ilmu Budaya Dasar yang dihubungkan dengan Puisi
Puisi adalah susunan kalimat yang bersajak ( syair, pantun, dan sebagainya ) dan mengandung makna yang indah didalamnya. Banyak penyair puisi yang lahir dengan karya puisinya yang indah, sebagai contoh yaitu Chairil Anwar dengan salah satu puisinya Doa.
Puisi termasuk dalam seni sastra, sedangkan sastra merupakan bagian dari kesenian, dan kesenian itu sendiri merupakan bagian dari kebudayaan. Didalam puisi penyair dapat mengekspresikan dirinya kedalam sebuah tulisan-tulisan yang memiliki makna indah.
Puisi dipakai sebagai media belajar sesuai dengan pokok bahasan yang terdapat pada ilmu budaya dasar karena adanya nilai kesusastraan. Kepuitisan, keartistikan, atau keestetikan bahasa puisi disebabkan oleh kereativitas penyair dalam membangun puisinya menggunakan :

1)      Figura bahasa, seperti gaya personifikasi, metafora, perbandingan, alegori
2)      Kata-kata ambiquitas, yaitu kata-kata yang bermakna ganda
3)      Kata-kata yang berjiwa / kata-kata yang sudah diberi suasana tertentu, berisi pengalaman sang penyair sehinggal terasa hidup
4)      Kata-kata konotatif, kata-kata yang sudah diberi tambahan nilai-nilai rasa
5)      Pengulangan, berfungsi mengintensifkan hal-hal yang dilukiskan sehingga mengunggah hati
Dibalik kata-katanya yang sulit dimengerti puisi berisi potret kehidupan manusia.
Alasan-alasan yang mendasari penyajian puisi pada IBD antara lain :
·         Hubungan puisi dengan pengalaman hidup manusia
Perekaman dan penyampaian dan penyampaian pengalaman disebut “pengalaman perwakilan”. Berarti manusia memiliki salah satu kebutuhan hidupnya dari sekedar pengalaman langsung yang terbatas.
·         Puisi dan keinsyafan/kesadaran manusia
·         Dengan membaca puisi manusia diajak untuk menjenguk hati dan pikiran manusia, baik orang lain maupun diri sendiri.
·         Puisi dan keinsyafan social
Puisi memberikan pengetahuan manusia sebagai mahluk social, yang terlibat dalam isu dan problem social. Puisi dapat menafsirkan situasi dasar social yang bisa berupa:
-          Penderitaan atas ketidakadilan
-          Perjuangan untuk kekuasaan
-          Konflik dengan sesamanya
-          Pemberontakan terhadap hukum Tuhan

2.      Ilmu Budaya Dasar yang dihubungkan dengan Prosa
Dalam kamus Indonesia prosa adalah karangan bebas yang mempunyai alur , latar dalam penyampaiannya serta bersifat imajinatif. Prosa juga dibagi menjadi dua yaitu prosa lama dan prosa baru.
Contoh prosa lama      :  dongeng, hikayat, cerita rakyat, sejarah dan cerita pelipur lara.
Contoh prosa baru       :  cerita pendek (cerpen), novel, biografi, kisah, dan otobiografi



Jumat, 30 Maret 2012

Manusia Dan Kebudayaan


Manusia Dan Kebudayaan

Sebelum membahas materi tersebut, apakah kalian tau apa itu manusia dan kebudayaan?
Manusia adalah mahluk hidup yang hidup didunia yang membutuhkan oranglain untuk kelangsungan hidupnya. Tuhan menciptakan manusia sesuai gambar dan bentuknya serta memiliki kodrat yang sama, mengapa manusia tidak bisa hidup sendiri? Ini di karenakan dalam lingkungannya manusia cenderung membutuhkan oranglain untuk bersosialisasi. Manusia juga sebagai mahluk hidup yang mampu berpikir serta mempunyai akal dalam melakukan sesuatu hal.
Sehingga terkadang manusia sering disebut sebagai alat pemikir, karena banyak akal yang terkandung dalam pemikirannya. Sebagai mahluk Tuhan yang paling indah, manusia juga diciptakan untuk saling berpasangan, selain itu juga manusia sebagai mahluk hidup mempunyai hak dan kewajiban yang beragam-ragam.

Hak manusia sebagai mahluk sosial antara lain :
    1.      Beribadah sesuai agamanya masing-masing
    2.      Memperoleh pendidikan untuk masa depan (max belajar 9 tahun)
    3.      Mendapatkan hak untuk menyampaikan pendapat kepada khalayak umum
    4.      Mempunyai hak untuk mendapat penghidupan yang layak

Kewajiban manusia sebagai mahluk social antara lain :

   1.      Membayar pajak Negara
   2.   Wajib mengikuti pemilihan Umum
Sebenarnya masih banyak lagi hak dan kewajiban manusia sebagai mahluk social, namun hanya itu yang dapat saya sebutkan. Begitu berharganya mahluk ciptaanNya yah…

Lalu apa hubungannya manusia dengan kebudayaan?...
Seperti yang akan saya bahas, manusia sangat berkaitan dengan kebudayaan. Karena sejak mereka kecil, mereka sudah diajarkan mengenai kebudayaan yang diikutinya. Kebudayaan sediri sudah ada sejak nenek moyang kita lahir. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam kebudayaan yang lahir satu-persatu di kehidupan manusia. Contohnya seperti budaya Jawa, budaya batak, budaya betawi, budaya sunda dan sebagainya.
Saya ambil contoh kebudayaan yang lahir dari Banten dengan aksinya yaitu atraksi Debus Banten. Atraksi ini adalah atraksi bela diri yang sangat membahayakan jika bagi orang yang belum terbiasa dengan atraksi Debus tersebut. Konon kesenian bela diri debus ini berasal dari daerah Al Madad, inti dari bela diri debus ini menggunakan senjata tajam dalam mempraktekkannya. Sebelum orang tersebut melakukan debus, orang tersebut dimasuki oleh roh yang membuat seseorang tersebut menjadi kebal dan tahan terhadap senjata tajam, dan kebudayaan Bali dengan Tari kecaknya. Kebudayaan suku satu dengan yang lain sangatlah berbeda, namun dengan demikian manusia sebagai mahluk social diciptakan untuk saling menghormati kebudayaan masing-masing, ini dilakukan agar tidak ada perselisihan antar suku mengenai kebudayaan yang mereka anut.

PENGERTIAN KEBUDAYAAN


          Kebudayaan adalah sesuatu hal yang dimilki setiap masyarakat atau individu secara turun temurun yang memiliki nilai social, norma social, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur social, dan nilai religious. Kebudayaan juga berkaitan dengan adanya suatu kepercayaan yang lahir turun-temurun melalui nenek moyang kita dulu. Adat istiadat suatu wilayah timbul karena adanya kebudayaan yang cultural tumbuh dalam diri seseorang.

      Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


Jadi dari pembahasan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Masyarakat dan Kebudayaannya sangat terikat dan tidak bisa terpisahkan, dan mereka sebagai mahluk social haruslah mengembangkan budayanya agar tidak hilang nilai-nilai sosialnya.

Pengertian Ilmu Budaya Dasar


Pengertian Ilmu Budaya Dasar atau IBD


Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa/I jurusan apapun. Dalam perkulihan perlulah adanya suatu ilmu budaya dasar untuk mengembangkan pengaruh budaya dan pengetahuan tentang budaya di Negaranya masing-masing khususnya Indonesia. Ilmu budaya dasar hamper sama pembahasannya dengan ilmu social dasar, karena penerapannya adalah pada wilayah,Negara,masyarakat dan penduduk serta kebudayaan yang ada.
Ilmu budaya dasar pertama kali dikembangkan di Indonesia dengan pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa inggris yaitu The Humanities, yang berasal dari bahasa latin yang berarti Humnus yang memiliki arti Manusia,Berbudaya,dan Halus. Manusia Homo Humanus adalah manusia yang hidupnya berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan terutama nilai kebudayaan dan tanpa meninggalkan tanggungjawab manusia itu sendiri.
Ilmu Budaya Dasar berbeda dengan Pengetahuan Budaya. Pengetahuan Budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya ( homo humanus ). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya baik dilingkungan masyarakat ataupun dilingkungan keluarga.

    A.     Latar belakang perkembangan Ilmu Budaya Dasar
Latar belakang terjadinya ilmu budaya dasar adalah karena adanya pengaruh masyarakat, Negara, dan konteks budaya atau nilai-nilai kebudayaan. Berikut adalah latar belakang adanya ilmu budaya dasar pada masyarakat Indonesia :
  • Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku yang berbeda, mulai dari suku Jawa, Sunda, Batak,Ambon,Bugis dan masih banyak lagi. Keberanekaragaman suku inilah yang membuat bangsa Indonesia sendiri memiliki banyak kebudayaan, dan biasanya kebudayaan tersebut tidak lepas dari ikatan-ikatan, kesukuan, dan kedaerahan 
  • Adanya proses pembangunan kebudayaan yang bersifat negatif dan positif, hal ini terjadi karena adanya pergeseran atau perubahan system nilai kebudayaan yang kian lama kian pudar atau kian lama kian menjadi. Ini membuat mental masyarakat Indonesia terkena pengaruhnya yang mengakibatkan konflik kebudayaan dalam kehidupan bersosialisasi
  • Adanya kemajuan teknologi yang kian lama kian pesat, sehingga membuat masyarakat Indonesia bingung terhadap kemajuan yang dikembangkannya. Karena kemajuan teknologi ini berdampak negatif, sehingga pergeseran atau perubahan tata nilai kebudayaan pun kian berpengaruh yang menimbulkan adanya konflik. Pengaruh kemajuan teknologi ini memiliki dampak positif dan negatif yang kedua harus di perhatikan dalam kehidupan manusia.

    B.     Tujuan adanya Ilmu Budaya Dasar
          Tujuan ilmu budaya dasar ini adalah :
  •     Dapat mengembangkan penalaran mahasiswa tentang pentingnya ilmu budaya dasar dalam kehidupan sosialisasi. Serta kemampuan kritikal tentang nilai budaya baik dilingkungan masyarakat secara alam , lingkungan keluarga maupun diri sendiri.
  • Mampu mengenal diri sendiri maupun mengenal oranglain yang sebelumnya dikenal dilingkungan luar.
  • Dapat mengenal pribadi sendiri dan oranglain.
  • Dapat menjadi sebuah pengetahuan untuk masa yang akan datang.
  • Berperilaku luwes terhadap oranglain setelah mempelajari dan memahami perasaan manusia serta perilakunya.
  • Dapat berpikir luas terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam, sehingga lebih peka terhadap permasalahan yang ada dan memiliki perasaan untuk saling memahami dan tanggungjawab
  • Memiliki panca indera penglihatan yang luas akan adanya kebudayaan, sehingga mampu menciptakan rasa saling hormat antara budaya satu dengan yang lain dan mengembangkan nilai budaya yang diberikan leluhur nenek moyang kita yang luhur nilainya
  • Mampu berdialog dengan berbagai banyak orang tanpa memandang kebudayaan dasar orang tersebut.
Lalu apa hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan mata kuliah yang kalian ambil ?

            Karena kita bangsa Indonesia, yang memiliki banyak sekali budaya beranekaragam. Dan segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri , kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain yang memilki kepercayaan serta nilai – nilai social dan norma social dan religious.
Dalam hal ini di maksudkan agar Ilmu Budaya Dasar dapat bermanfaat bagi perkuliahan, karena selain mata pelajaran lain perlulah setidaknya mahasiswa/I memperoleh mata pelajaran ini.


Rabu, 28 Maret 2012

Buku Harian Nayla episode 1 (2-5)



 Buku Harian Nayla Episode 2 (1-6)


Buku Harian Nayla episode 2 ( 3-6)


 

Buku Harian Nayla episode 2 (2-6)




Buku Harian Nayla episode 2 (4-6)

 


Buku Harian Nayla episode 2 (5-6)




Buku Harian Nayla Episode 2 (6-6)

 

Buku Harian Nayla episode 3 (2-6)



 

Buku Harian Nayla episode 4 (2-6)



Buku Harian Nayla episode 5 (2-6)



Buku Harian Nayla Episode 6 (2-6)



Buku Harian Nayla episode 7 (2-6)




Buku Harian Nayla episode 8 (2-6)




Buku Harian Nayla episode 9 (2-6)


Buku Harian Nayla episode 10(2-6)




Buku harian Nayla episode 10 (5-6)




Buku Harian Nayla episode 11 (2-6)




Buku harian Nayla episode 12 (2-6)



 Buku harian Nayla episode 12 (5-6)






Buku Harian Nayla episode 13 (2-6)



Buku harian Nayla episode 14 (2-6)




Buku harian Nayla episode 14 (3-6)





Buku harian Nayla episode 15 (1-6)
















Buku harian Nayla episode 15 (4-6)







itu aja Guys video Buku harian Nayla yang dapat saya Upload from Youtube :) :)


d tonton yah....hehehehe


Buku Harian Nayla

Buku harian Nayla adalah salah satu sinetron religious agama Cristiani... :)
cerita pendek yang dibuat oleh sang sutradara Maruli Ara pada tahun 2006 ini banyak menarik perhatian para penonton. Chelsea Olivia Wijaya yang berperan sebagai Nayla sangatlah meresapi perannya dengan sungguh-sungguh, caranya berakting dilayar televisi membuat para penonton merasa terhanyut dalam kisah Buku Harian Nayla tersebut. Ditambah lagi pemain yang menemani saat Chelsea berakting adalah Glenn Allienskie sebagai Moses, dimana perannya adalah lelaki yang sangat mencintai Nayla dengan kondisi apapun. Cinta mereka sangatlah kuat bahkan hingga Nayla meninggalpun Moses masih mencintai Nayla.


sinopsis cerita :

Nayla adalah seorang gadis yang ceria,lucu,rajin dan pintar disekolahnya, ia pun sering membantu kedua orangtuanya sepulang sekolahnya dan selalu ceria dihadapan sahabatnya. Suatu hari Nayla bertemu dengan cowok yang ganteng dan baik, lelaki itu suka bermain bola basket, sebut saja namanya adalah Moses.

Dokter Fritz adalah seorang dokter yang pada saat itu memeriksa Nayla, Dokter itu memberika sebuah Buku Harian untuk Nayla. Buku itu diberikan untuk Nayla agar setiap harinya Nayla menulis kisah-kisah yang ia alami selama hidupnya. Namun beberapa hari kemudian ibunya Nayla datang menemui Dr.Fritz sebut saja nama ibunya adalah Martha, Ia datang untuk menanyakan hasil pemeriksaan Nayla. Mendengar penyakitnya yang diderita ananya itu secara spontan ibunya pun kaget dan menangis.

Nayla yang pada saat itu tidak mengetahui apa penyakitnya masih tetap berusaha seperti gadis biasa. Namun setelah beberapa bulan berlalu, penyakit Nayla sedikit demi sedikit mulai menggerogoti badannya. Sehingga membuat ia harus duduk di kursi roda.

Penyakit ini pun menyerang otot tubuhnya dengan cepat, hingga membuat Nayla tidak bisa menulis bahkan untuk berjalan sekalipun. Ia hanya bisa berdoa pada Tuhan, Ia terus menangis dalam termenungnya. Melihat itu ibunya Nayla pun memberi taukan apa penyakit tersebut pada Nayla, karena waktu itu ibunya dipaksa untuk memberitaukan padanya.

Nayla yang mendengar hal itu pun terkejut, ia hanya bisa menangis. Namun Ia beruntung karena masih ada yang sayang padanya hingga saat ini kedua orang tua,adik-adiknya,dan terutama Moses masih menyayangi Nayla. Bahkan sahabat-sahabat Naylapun selalu berdoa pada Tuhan agar Nayla bisa lagi sekolah seperti gadis-gadis lainnya.

Awalnya Nayla merasa dirinya tidaklah lagi berguna bagi siapapun. Namun berkat Tuhan Yesus ia masih diberikan keluarga yang selalu menemaninya, dan seorang kekasih yaitu Moses yang selalu ada untuknya disaat Nayla membutuhkannya. Namun karena Nayla merasa sudah lelah dengan penyakitnya itu, Ia pun memutuskan hubungannya dengan Moses, namun Moses tetap saja mengawasi perkembangan Nayla tanpa sepengetahuannya.

Ia pun selalu menulis kisah-kisah kehidupannya di dalam Buku Harian Nayla. Walau memang tangannya tak bisa digerakkan sempurna, namun ia tetap berusaha agar bisa menghabiskan lembaran-lembaran Buku Harian tersebut. Hingga pernah ia menulis bahwa nanti jika sudah tak ada Ia ingin menikah dengan Moses. Dimana pernikahan itu berlangsung bahagia atas nama Tuhan.

Nayla pun sempat menulis cerita-cerita tentang perjuangannya melawan penyakitnya tersebut. Hingga tulisannya tersebut dikirim damn dibaca banyak orang, dan membuat setiap orang menjadi tegar berkatnya. Moses pun sempat membaca surat dari Nayla diwaktu malam Natal. Tak adalagi yang perlu dicari didunia ini, karena Nayla tetap bisa menjadi penolong saat kondisinya semakin parah dan itulah yang ia cari.




itu sedikit sinopsis dari saya temand :) :)

Ost Buku Harian Nayla : Seperti Yang Kau Ingini oleh Nikita

saksikan Sinetronnya yang ditanyangkan kembali setiap Senin s/d Jumat pukul 09.00 WIB di GlobalTV


Episode 1(1/5)