Jumat, 30 Maret 2012

Manusia Dan Kebudayaan


Manusia Dan Kebudayaan

Sebelum membahas materi tersebut, apakah kalian tau apa itu manusia dan kebudayaan?
Manusia adalah mahluk hidup yang hidup didunia yang membutuhkan oranglain untuk kelangsungan hidupnya. Tuhan menciptakan manusia sesuai gambar dan bentuknya serta memiliki kodrat yang sama, mengapa manusia tidak bisa hidup sendiri? Ini di karenakan dalam lingkungannya manusia cenderung membutuhkan oranglain untuk bersosialisasi. Manusia juga sebagai mahluk hidup yang mampu berpikir serta mempunyai akal dalam melakukan sesuatu hal.
Sehingga terkadang manusia sering disebut sebagai alat pemikir, karena banyak akal yang terkandung dalam pemikirannya. Sebagai mahluk Tuhan yang paling indah, manusia juga diciptakan untuk saling berpasangan, selain itu juga manusia sebagai mahluk hidup mempunyai hak dan kewajiban yang beragam-ragam.

Hak manusia sebagai mahluk sosial antara lain :
    1.      Beribadah sesuai agamanya masing-masing
    2.      Memperoleh pendidikan untuk masa depan (max belajar 9 tahun)
    3.      Mendapatkan hak untuk menyampaikan pendapat kepada khalayak umum
    4.      Mempunyai hak untuk mendapat penghidupan yang layak

Kewajiban manusia sebagai mahluk social antara lain :

   1.      Membayar pajak Negara
   2.   Wajib mengikuti pemilihan Umum
Sebenarnya masih banyak lagi hak dan kewajiban manusia sebagai mahluk social, namun hanya itu yang dapat saya sebutkan. Begitu berharganya mahluk ciptaanNya yah…

Lalu apa hubungannya manusia dengan kebudayaan?...
Seperti yang akan saya bahas, manusia sangat berkaitan dengan kebudayaan. Karena sejak mereka kecil, mereka sudah diajarkan mengenai kebudayaan yang diikutinya. Kebudayaan sediri sudah ada sejak nenek moyang kita lahir. Di Indonesia sendiri ada berbagai macam kebudayaan yang lahir satu-persatu di kehidupan manusia. Contohnya seperti budaya Jawa, budaya batak, budaya betawi, budaya sunda dan sebagainya.
Saya ambil contoh kebudayaan yang lahir dari Banten dengan aksinya yaitu atraksi Debus Banten. Atraksi ini adalah atraksi bela diri yang sangat membahayakan jika bagi orang yang belum terbiasa dengan atraksi Debus tersebut. Konon kesenian bela diri debus ini berasal dari daerah Al Madad, inti dari bela diri debus ini menggunakan senjata tajam dalam mempraktekkannya. Sebelum orang tersebut melakukan debus, orang tersebut dimasuki oleh roh yang membuat seseorang tersebut menjadi kebal dan tahan terhadap senjata tajam, dan kebudayaan Bali dengan Tari kecaknya. Kebudayaan suku satu dengan yang lain sangatlah berbeda, namun dengan demikian manusia sebagai mahluk social diciptakan untuk saling menghormati kebudayaan masing-masing, ini dilakukan agar tidak ada perselisihan antar suku mengenai kebudayaan yang mereka anut.

PENGERTIAN KEBUDAYAAN


          Kebudayaan adalah sesuatu hal yang dimilki setiap masyarakat atau individu secara turun temurun yang memiliki nilai social, norma social, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur social, dan nilai religious. Kebudayaan juga berkaitan dengan adanya suatu kepercayaan yang lahir turun-temurun melalui nenek moyang kita dulu. Adat istiadat suatu wilayah timbul karena adanya kebudayaan yang cultural tumbuh dalam diri seseorang.

      Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


Jadi dari pembahasan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa Masyarakat dan Kebudayaannya sangat terikat dan tidak bisa terpisahkan, dan mereka sebagai mahluk social haruslah mengembangkan budayanya agar tidak hilang nilai-nilai sosialnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar