Jumat, 30 Maret 2012

Pengertian Ilmu Budaya Dasar


Pengertian Ilmu Budaya Dasar atau IBD


Ilmu Budaya Dasar adalah salah satu mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa/I jurusan apapun. Dalam perkulihan perlulah adanya suatu ilmu budaya dasar untuk mengembangkan pengaruh budaya dan pengetahuan tentang budaya di Negaranya masing-masing khususnya Indonesia. Ilmu budaya dasar hamper sama pembahasannya dengan ilmu social dasar, karena penerapannya adalah pada wilayah,Negara,masyarakat dan penduduk serta kebudayaan yang ada.
Ilmu budaya dasar pertama kali dikembangkan di Indonesia dengan pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari bahasa inggris yaitu The Humanities, yang berasal dari bahasa latin yang berarti Humnus yang memiliki arti Manusia,Berbudaya,dan Halus. Manusia Homo Humanus adalah manusia yang hidupnya berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan terutama nilai kebudayaan dan tanpa meninggalkan tanggungjawab manusia itu sendiri.
Ilmu Budaya Dasar berbeda dengan Pengetahuan Budaya. Pengetahuan Budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya ( homo humanus ). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya baik dilingkungan masyarakat ataupun dilingkungan keluarga.

    A.     Latar belakang perkembangan Ilmu Budaya Dasar
Latar belakang terjadinya ilmu budaya dasar adalah karena adanya pengaruh masyarakat, Negara, dan konteks budaya atau nilai-nilai kebudayaan. Berikut adalah latar belakang adanya ilmu budaya dasar pada masyarakat Indonesia :
  • Bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku yang berbeda, mulai dari suku Jawa, Sunda, Batak,Ambon,Bugis dan masih banyak lagi. Keberanekaragaman suku inilah yang membuat bangsa Indonesia sendiri memiliki banyak kebudayaan, dan biasanya kebudayaan tersebut tidak lepas dari ikatan-ikatan, kesukuan, dan kedaerahan 
  • Adanya proses pembangunan kebudayaan yang bersifat negatif dan positif, hal ini terjadi karena adanya pergeseran atau perubahan system nilai kebudayaan yang kian lama kian pudar atau kian lama kian menjadi. Ini membuat mental masyarakat Indonesia terkena pengaruhnya yang mengakibatkan konflik kebudayaan dalam kehidupan bersosialisasi
  • Adanya kemajuan teknologi yang kian lama kian pesat, sehingga membuat masyarakat Indonesia bingung terhadap kemajuan yang dikembangkannya. Karena kemajuan teknologi ini berdampak negatif, sehingga pergeseran atau perubahan tata nilai kebudayaan pun kian berpengaruh yang menimbulkan adanya konflik. Pengaruh kemajuan teknologi ini memiliki dampak positif dan negatif yang kedua harus di perhatikan dalam kehidupan manusia.

    B.     Tujuan adanya Ilmu Budaya Dasar
          Tujuan ilmu budaya dasar ini adalah :
  •     Dapat mengembangkan penalaran mahasiswa tentang pentingnya ilmu budaya dasar dalam kehidupan sosialisasi. Serta kemampuan kritikal tentang nilai budaya baik dilingkungan masyarakat secara alam , lingkungan keluarga maupun diri sendiri.
  • Mampu mengenal diri sendiri maupun mengenal oranglain yang sebelumnya dikenal dilingkungan luar.
  • Dapat mengenal pribadi sendiri dan oranglain.
  • Dapat menjadi sebuah pengetahuan untuk masa yang akan datang.
  • Berperilaku luwes terhadap oranglain setelah mempelajari dan memahami perasaan manusia serta perilakunya.
  • Dapat berpikir luas terhadap hasil budaya manusia secara lebih mendalam, sehingga lebih peka terhadap permasalahan yang ada dan memiliki perasaan untuk saling memahami dan tanggungjawab
  • Memiliki panca indera penglihatan yang luas akan adanya kebudayaan, sehingga mampu menciptakan rasa saling hormat antara budaya satu dengan yang lain dan mengembangkan nilai budaya yang diberikan leluhur nenek moyang kita yang luhur nilainya
  • Mampu berdialog dengan berbagai banyak orang tanpa memandang kebudayaan dasar orang tersebut.
Lalu apa hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan mata kuliah yang kalian ambil ?

            Karena kita bangsa Indonesia, yang memiliki banyak sekali budaya beranekaragam. Dan segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri , kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain yang memilki kepercayaan serta nilai – nilai social dan norma social dan religious.
Dalam hal ini di maksudkan agar Ilmu Budaya Dasar dapat bermanfaat bagi perkuliahan, karena selain mata pelajaran lain perlulah setidaknya mahasiswa/I memperoleh mata pelajaran ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar