Minggu, 23 November 2014

Lasada menjadi trend Telematika E-commerce 2014



Perkembangan Telematika di Dunia E-commerce

Kalian pasti tahu tentang e-commerce atau penjualan online melalui media internet. Tidak perlu dipungkiri bahwa sudah banyak sekali penjulan-penjualan online yang menawarkan barang atau jasa melalui internet. Di Indonesia saat ini e-commerce sangat mengalami pertumbuhan teknologi yang pesat, dengan teknologi ini masyarakat, kaum muda, bahkan anak-anak tidak perlu lagi pergi untuk belanja pakaian, kebutuhan rumah tangga seperti perabotan, dan lain-lain serta mencari pelayanan jasa lainnya. Dengan adanya layanan telematika ini masyarakat dimanjakan tanpa harus repot-repot lagi keluar rumah. Selain itu pembayaran juga dapat dilakukan melalui bank, kartu kredit, paypal dan pembayaran lainnya. Di Indonesia saat ini layanan e-commerce yang sangat diminati masyarakat Indonesia adalah salah satunya layanan e-commerce Lazada.co.id. Nah teman-teman pada tulisan saya ini saya akan membahas atau mengulas sedikit tentang toko online ini :))


  1. Perkembangan e-commerce


Perkembangan e-commerce atau perdagangan online di Indonesia semakin banyak digunakan untuk melakukan transaksi antara pembeli dan pemasok. Banyak contoh-contoh e-commerce yang terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah lasada.co.id yang berkembang pesat hingga tahun 2014. Pangsa pasar yang terjadi di Indonesia sangat mempengaruhi perkembangan di dunia pembelian, penjualan dan pemasaran secara online. Dengan system e-commerce ini masyarakat menjadi mudah dalam berbelanja jika tidak ingin keluar rumah. E-commerce sendiri mempermudah para costumernya dengan layanan-layanan yang diberikan serta macam-macam produk yang diperjual belikan. E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website).  Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011. Pada materi ini saya akan membahas sedikit tentang perdagangan yang berkembang pesat di Indonesia.

2. Perkembangan pesat trend e-commerce di Indonesia 
Lasada adalah sebuah situs perdagangan online yang berkembang pesat di Indonesia hingga saat ini. Menjamurnya ritel online didunia menjadi bukti bahwa kini semakin banyak konsumen yang telah terbiasa menggunakan internet dalam kegiatan sehari-harinya, dimana salah satu kegiatannya adalah perdagangan via online (E-commerce). Dengan E-commerce kedua pihak baik produsen maupun konsumen sama-sama diuntungkan, konsumen mendapatkan produk keinginannya dengan praktis dan produsen dapat lebih memperluas pasarnya.

A. Rocket Internet: The E-Commerce Incubator
 
Kemajuan pesat kegiatan E-commerce ini tidak lepas dari andil perusahaan-perusahaan E-commerce besar dunia, salah satunya adalah: Rocket Internet. Dalam hal ini Rocket Internet yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun bertindak sebagai inkubator, yang tugasnya memfasilitasi kewirausahaan dan meminimalkan hambatan pembentukan dan pertumbuhan bisnis baru, terutama pada sektor teknologi tinggi (E-commerce) dengan menempatkan ritel-ritel online dalam satu tempat yang memiliki berbagai layanan, salah satunya adalah Lazada.co.id.

B. Indonesia: A Massive Opportunity

Indonesia merupakan negara berkembang dimana masyarakatnya sangat terbuka dengan teknologi baru dan produk-produknya didunia. Hal  ditambah lagi jumlah pemakai internet di Indonesia dari tahun ke tahun meningkat sangat pesat. Hal ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan yang besar untuk perusahaan E-Commerce dapat berkembang dengan baik pua di indonesia. Inilah Faktor-faktor yang mendukung Indonesia sebagai kesempatan besar bagi perusahaan e-commerce.


- Indonesia terdiri dari 240 juta orang.

- 8% GDP growth.

- 150 juta jiwa di Indonesia merupakan konsumen Midle-Class.
- Diperkirakan pemakai internet di Indonesia pada tahun 2016 akan mencapai 160 juta jiwa. 
- 9.3% perdagangan dunia memanfaatkan Ecomerce. 


Dua hal penting lainnya mengenai E-Commerce pada negara berkembang adalah Smartphone dengan harga murah + Online Engagement. Menjamurnya smartphone dengan fasilitas internet yang menawarkan fitur sosial media online, artinya semakin banyak masyarakat dari kelas menengah (Middle-Class) mengerti dan teredukasi mengenai perdagangan via internet sehingga perusahaan e-commerce pun memiliki kesempatan yang besar untuk berkembang pesat di Indonesia.

C. Indonesia Pengguna E-Commerce Terpadat di Dunia?

Pada akhirnya, kepercayaan adalah hal paling utama untuk memenangkan hati kostumer. Bisnis dengan pelayanan pengantaran yang cepat kepada konsumen adalah sumber kepercayaan tersebut, Lazada.co.id hadir untuk menjawab tantangan tersebut.

Lazada.co.id kian berkembang pesat dengan meraih percayaan konsumennya melalui beberapa poin keunggulan yang unik antara lain:
 
1. Logistic & Supply Chain: mendapatkan barang yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan jumlah yang tepat, kondisi yang tepat, dengan biaya yang terjangkau, dengan tetap memberikan kontribusi profit bagi penyedia jasa logistik.


2. Payment Method: Dengan sistem pembayaran yang lengkap seperti kartu kredit, transfer bank dan Bayar ditempat/Cash On Delivery(COD) konsumen akan merasa nyaman dan aman berbelanja secara online.


3. Own Delivery With COD: Pengantaran yang cepat dan dilengkapi dengan sistem COD.


Sumber ::

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar