KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Pengertian dan Proses
Komunikasi
Istilah
komunikasi (Bahasa Inggris: communication)
mempunyai banyak arti. Menurut asal katanya (etimologi),
istilah komunikasi berasal dari bahasa Latin, yaitu communis, yang berarti sama
(common). Jadi menurut asal katanya,
komunikasi berarti menyebarkan atau memberitahukan informasi kepada pihak lain
guna mendapatkan pengertian yang sama.
Wexley
and Yukl antara lain mengatakan: "Communication
can be defined as the tranmission of information between two or more
persons". Artinya: "Komunikasi
dapat diberikan definisi sebagai pengiriman informasi antara dua orang atau
lebih".
Sedang
Mc. Farland memberi definisi sebagai berikut, "Coomunication may bedefined as the process of meaningful interaction
among human being". Komunikasi dapat didefinisikan sebagai interaksi
atau proses hubungan saling pengertian antar manusia.
Elliot
Jaques memberikan definisi sebagai berikut, "Communication
is the sumtotal of directly and indirectly conscously and unconscously
transmitted feeling, ettitudes, and wishes." Artinya kurang lebih
sebagai berikut, "Komunikasi adalah
penyampaian berbagai macam perasaan, sikap dan kehendak, baik secara langsung
maupun tidak langsung, baik secara sadar maupun tidak sadar."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar