Selasa, 05 Mei 2015

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 36 TAHUN 1999 TENTANG TELEKOMUNIKASI

BAB 1
KETENTUAN UMUM
Pasal  1

Dalam undang-undang ini yang dimaksud dengan
2.      Alat telekomunikasi adalah setiap alat perlengkapan yang digunakan dalam bertelekomunikasi.
Penjelasannya : Dalam undang-undang telekomunikasi tentang ketentuan umum dalam bertelekomunikasi dijelaskan bahwa alat telekomunikasi adalah setiap alat perlengkapan yang digunakan dalam bertelekomunikasi, yaitu setiap kegiatan pemancaran, pengiriman, dan atau penerimaan dari setiap informasi, dalam bentuk tanda-tanda, isyarat, tulisan, gambar, suara, dan bunyi melalui sistem kawat, optik, radio, atau sistem elektromagnetik lainnya.  Setiap alat dan perangkat telekomunikasi yang dibuat, dirakit, dimasukkan untuk diperdagangkan dan atau digunakan di wilayah Negara Republik Indonesia wajib memenuhi persyaratan teknis yang dilaksanakan melalui Sertifikasi. Alat dan perangkat telekomunikasi terdiri atas 4 (empat) kelompok, yaitu :
A.    Kelompok jaringan network adalah kelompok alat dan perangkat telekomunikasi yang penempatannya di jaringan utama (core network).
B.     Kelompok akses adalah kelompok alat dan perangkat telekomunikasi yang penempatannya di antara jaringan utama (core network) dan terminal serta antar jaringan utama.
C.     Kelompok alat pelanggan (Customer Premises Equipment/CPE) adalah kelompok alat telekomunikasi yang penempatannya di ujung jaringan akses/pengguna.
D.    Kelompok alat dan perangkat pendukung telekomunikasi adalah kelompok alat dan perangkat yang digunakan sebagai pendukung pada alat dan perangkat telekomunikasi.

Contoh alat telekomunikasi modern diantaranya :
1.      Telegraf yaitu sistem telekomunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirim dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.
2.      Telepon yaitu peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon.
3.      Faksimili (Fax) yaitu peralatan telekomunikasi yang digunakan untuk mengirimkan tulisan dan gambar melalui kabel telepon.  Mesin faks menyalin dokumen yang ingin dikirim, kemudian mengirimkan dokumen ke nomor faks yang ingin dituju.
4.      Televisi yaitu sistem telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal-sinyal elektronik melalui kabel dan serat optik, yaitu dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
5.      Radio yaitu Radio adalah alat komunikasi yang mengirimkan suara melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
6.      Telepon bergerak yaitu Telepon Bergerak (mobile phone) atau biasa disebut handphone, telepon selular (cellular phone) atau ponsel merupakan salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat ini. 
7.      Internet yaitu jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama.
8.      Pager yaitu merupakan alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek.

Contoh alat komunikasi tradisional diantaranya :
1.      Kentongan yaitu alat komunikasi tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat desa untuk menyampaikan pesan dan perintah pada saat ronda malam.
2.      Lonceng yaitu peralatan sederhana yang digunakan untuk menciptakan bunyi. Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyrakat dansebagai penanda waktu.
3.      Bedug yaitu alat musik tabuh seperti gendang. Bedug merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan sejak ribuan tahun lalu, yang memiliki fungsi sebagai alat komunikasi tradisional, baik dalam kegiatan ritual keagamaan maupun politik.
4.      Surat yaitu alat komunikasi tradisional yang digunakan untuk menyampaikan pesan.
5.      Merpati pos yaitu alat komunikasi tradisional yang digunakan untuk mengirim surat atau pesan. Metode ini berasal dari orang Persia yang melatih burung-burung merpati.
6.      Api yaitu alat komunikasi tradisional yang dapat menghasilkan asap yang dapat digunakan sebagai pertanda bahwa seseorang membutuhkan pertolongan.
7.      Prasasti yaitu sumber sejarah yang penting untuk mengungkapkan peristiwa masa lalu, prasasti merupakan dokumentasi tertulis pada zaman dahulu sebagai pesan dar kerajaan kepada rakyatnya.
8.      Daun lontar yaitu alat komunikasi masa lalu yang di pakai untuk menulis naskah dan kerajinan.

BAB 2
ASAS DAN TUJUAN
Pasal 3

Pasal 3
Telekomunikasi diselenggarakan dengan tujuan untuk mendukung persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara adil dan merata, mendukung kehidupan ekonomi dan kegiatan pemerintahan, serta meningkatkan hubungan antarbangsa.
Penjelasannnya : Dalam undang-undang telekomunikasi tentang asas dan tujuan dijelaskan pada pasal 3 yaitu dijelaskan Tujuan penyelenggaraan telekomunikasi dalam ketentuan ini dapat dicapai, antara lain, melalui reformasi telekomunikasi untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan telekomunikasi dalam rangka menghadapi globalisasi, mempersiapkan sektor telekomunikasi memasuki persaingan usaha yang sehat dan professional dengan regulasi yang transparan, serta membuka lebih banyak kesempatan berusaha bagi pengusaha kecil dan menengah. Karena adanya pengaruh telekomunikasi yang sangat pesat seiring berkembangnya alat-alat komunikasi, alat-alat komunikasi pun diciptakan atau dibuat untuk melengkapi perkembangan zaman tersebut. Keterbatasan UU Telekomunikasi, dalam mengatur pengguna teknologi informasi . Pada UU No.36 tentang telekomunikasi mempunyai salah satu tujuan yang berisikan upaya untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, memperlancar kegiatan pemerintah, mendukung terciptanya tujuan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya serta meningkatkan hubungan antar bangsa.

Contoh penerapan tujuan telekomunikasi

Tujuan telekomunikasi dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari untuk saling berinteraksi satu sama lain, interaksi tersebut akan menciptakan komunikasi yang baik dengan adanya pertukaran data dan informasi. Dengan berbagai alat komunikasi kita dapat berinteraksi dengan orang diberbagai belah dunia. Banyak komunikasi yang dilakukan dalam perkembangan teknologi komunikasi ini diantaranya melalui facebook, twitter, path, instagram dan media social lainnya. Selain dengan media social diatas kita juga dapat berinteraksi secara tatap muka sebagai suatu saluran berkomunikasi secara langsung.


Sumber ::
http://www.insw.go.id/images/library/01.pdf
http://netikkomunikasi.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar